Beranda | Artikel
Risalah Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam Untuk Semua Mahluk
Jumat, 20 Agustus 2021

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi

Risalah Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam Untuk Semua Mahluk adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Ayat-Ayat Ahkam. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Kamis, 29 Syawwal 1442 H / 10 Juni 2021 M.

Ceramah Agama Islam Tentang Risalah Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam Untuk Semua Mahluk

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

فَإِنْ حَاجُّوكَ فَقُلْ أَسْلَمْتُ وَجْهِيَ لِلَّهِ وَمَنِ اتَّبَعَنِ ۗ وَقُل لِّلَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ وَالْأُمِّيِّينَ أَأَسْلَمْتُمْ ۚ فَإِنْ أَسْلَمُوا فَقَدِ اهْتَدَوا ۖ وَّإِن تَوَلَّوْا فَإِنَّمَا عَلَيْكَ الْبَلَاغُ ۗ وَاللَّهُ بَصِيرٌ بِالْعِبَادِ

Kemudian jika mereka mendebat kamu (tentang ketauhidan), maka katakanlah: “Aku telah berserah diri kepada Allah dan (demikian juga) orang-orang yang mengikutiku”. Dan katakanlah kepada orang-orang yang diberi Kitab dan kepada orang-orang yang ummi: “Apakah kalian sudah masuk Islam”. Jika mereka masuk Islam, maka mereka mendapatkan petunjuk, dan jika mereka berpaling, sesungguhnya kewajiban kamu hanyalah menyampaikan. Dan Allah Maha Melihat hamba-hambaNya.” (QS. Ali-Imran[3]: 20)

Ayat ini merupakan setegas-tegas dalil tentang keumuman dari risalah Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam kepada seluruh makhluk. Sebagaimana juga ditunjuki oleh Al-Kitab dan Sunnah, di antaranya firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

قُلْ يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنِّي رَسُولُ اللَّهِ إِلَيْكُمْ جَمِيعًا…

Katakanlah: ‘Wahai sekalian manusia, sesungguhnya aku adalah Rasulullah yang Allah utus kepada kalian semuanya,’” (QS. Al-A’raf[7])

Demikian juga firman Allah:

تَبَارَكَ الَّذِي نَزَّلَ الْفُرْقَانَ عَلَىٰ عَبْدِهِ لِيَكُونَ لِلْعَالَمِينَ نَذِيرًا

Maha suci Allah yang telah menurunkan Al-Furqaan (Al-Qur’an) kepada hambaNya, agar dia menjadi pemberi peringatan kepada alam semesta.” (QS. Al-Furqan[25]: 1)

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/50529-risalah-nabi-muhammad-shallallahu-alaihi-wa-sallam-untuk-semua-mahluk/